Pages

Awas, Hati-hati Gunakan Plastik Kresek Hitam!

Tuesday, October 20, 2015
Jangan menggunakan kantong platik kresek daur ulang tersebut untuk mewadai langsung makanan siap santap.

Kantong plastik kresek berwarna hitam sejatinya produk daur ulang. Bahayanya, plastik ini sering digunakan untuk mewadahi makanan siap saji.

Oleh sebab itu, kini kita harus hati-hati karena dalam proses daur ulang tersebut riwayat penggunaan sebelumnya tidak diketahui, apakah bekas wadah pestisida, limbah rumah sakit, kotoran hewan atau manusia, limbah logam berat dll.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun telah memperingatkan dalam proses daur ulang juga ditambahkan berbagai bahan kimia yang menambah dampak bahayanya bagi kesehatan.

Oleh sebab itu, jangan menggunakan kantong platik kresek daur ulang tersebut untuk mewadai langsung makanan siap santap.

Plastik kresek hitam sejatinya mengandung zat pewarna yang bisa tercampur dengan daging dan disinyalir mengandung zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker. Daging memiliki kandungan protein yang tinggi yang bersifat menyerap bau dan zat lain yang ada pada kresek tersebut. Sangat disarankan, daging kurban Idul Adha juga jangan diwadai dengan plastik kresek hitam.

Sebetulnya, plastik yang aman digunakan adalah jenis plastik foodgrade. Plastik foodgrade di pasaran pada umumnya berwarna jernih seperti plastik yang biasanya dipakai untuk membungkus soto, bakso atau makanan berkuah. Bisa saja menggunakan kresek yang berwarna, tapi jenisnya harus tetap foodgrade.

No comments:

Post a Comment