Pages

Mengontrol Kadar Kolesterol

Monday, September 21, 2015
Periksakan kadar kolesterol
Memeriksa kadar kolesterol dalam darah sedini mungkin, dapat membantu Anda menemukan solusi sehat mengatasi kolesterol tinggi. Sebelum melakukan pengecekan kadar kolesterol, ada baiknya Anda berpuasa 9 hingga 12 jam sebelumnya. Cara ini dimaksudkan agar kadar kolesterol Anda berada dalam kadar atau jumlah yang normal. Andapun perlu melakukan pengaturan terhadap pola makan, dengan menghindari makanan tinggi kadar kolesterol.
Selain mengatur pola makan, Anda bisa melakukan olahraga secara rutin. Hal ini mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam darah. Di samping itu, konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Hindari pula makanan yang tinggi kadar asam lemak jenuh, seperti kue-kue, makanan bersantan dan digoreng. Pasalnya kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa memicu terjadinya aterosklerosis atau pengendapan kerak yang terjadi pada pembuluh darah.
Bila hal tersebut dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin akan terjadi penyempitan pembuluh darah. Kondisi semacam inipun akan memicu penyakit kronis lainnya, seperti stroke dan serangan jantung. Anda tentunya tidak ingin bukan mengalami hal yang demikian di kemudian hari? Oleh karena itu, solusi sehat mengatasi kolesterol tinggi harus dilakukan untuk menormalkan kembali kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda.
Cara menormalkan kadar kolesterol
Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dijadikan solusi tepat mengatasi kolesterol tinggi. Berikut ini cara yang harus Anda lakukan untuk menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah melalui kesehatan.tips.
1.  Hindari konsumsi minuman beralkohol dan merokok
2.  Atur pola makan yang baik dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak
3.  Olahraga secara rutin untuk menekan kadar kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol baik
4.  Usahakan perbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi
5.  Pilihlah makanan yang dirasa tinggi kandungan antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan
Beberapa cara di atas bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bisa membantu Anda mengontrol kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Tentunya solusi sehat mengatasi kolesterol tinggi ini bisa menghindari Anda dari penyakit kronis lainnya.

No comments:

Post a Comment