Pages

Peninggalan Bom Nazi di Inggris

Friday, September 25, 2015


Bom Nazi yang lebih berbahaya dari  yang pernah ada

Pada bulan Agustus, pekerja konstruksi di timur London menggali peninggalan menakutkan dari Perang Dunia II: sebuah 500lb (227kg) bom Jerman yang belum meledak dengan potensi untuk melenyapkan rumah dan bangunan sekitarnya.

area konstruksi tersebut segera ditutup, 700 orang diungsikan dan ahli dari tentara Inggris Royal Logistik Corps (RLC) Ordnance Disposal Explosive (EOD) Unit menghabiskan 24 jam waktu dengan sangat gugup untuk membuat perangkat bom tersebut aman. Ini adalah insiden ketiga di London di hampir beberapa bulan belakangan. Sebuah bom kecil ditemukan oleh pekerja di Wembley pada Mei, sementara raksasa 550lb (250kg) bom ditemukan di Bermondsey di London selatan Maret mendorong evakuasi lebih dari 1.000 orang.

    Selama
di Blitz, tentara Jerman menurunkan sekitar 24.000 ton bahan peledak. Tapi 10% dari bom tersebut tidak benar-benar meledak.

Menurut Pemadam Kebakaran London, perangkat Bethnal Green adalah
Bom kesembilan yang tidak meledak pada Perang Dunia II yang ditemukan di ibukota tahun ini. Dan itu diyakini bukan yang terakhir.

Bahkan sekarang, 70 tahun setelah perang berakhir, puluhan ribu barang serupa dari persenjataan yang belum meledak (
unexploded ordnance =UXO) mungkin masih tertinggal di bawah kebun, jalan dan bangunan-bangunan pasca-perang Inggris. Dan mereka lebih berbahaya sekarang daripada selama perang - yang membuat proses penjinakkan mereka yang sulit dan berpotensi berisiko.

Alasan mereka adalah bahwa
dampak daya ledak bom tersebut sama dengan sewaktu di Zaman Perang Dunia ke-II. Sebagian besar dari bom yang menakutkan tersebut dijatuhkan di Inggris dalam Perang Dunia II memang dinyatakan gagal meledak. "Selama Blitz antara September 1940 dan Mei 1941, ada sekitar 85 serangan besar pada London, dan selama serangan Jerman turun sekitar 24.000 ton bahan peledak tinggi," kata Matt Brosnan, seorang sejarawan dengan Imperial War Museum. "Tapi 10% dari bom yang dijatuhkan tidak benar-benar meledak."

Di katakan oleh Brosnan beberapa bom tersebut gagal meledak disebabkan oleh kesalahan manufaktur masa perang. Mungkin telah menderita kerusakan pada sekering yang biasanya digunakan untuk meledakkan bom, atau mekanisme jarum jam waktu-delay. Semua dari hal tersebut, jika salah penanganan, bisa menimbulkan bahaya besar.

Keberangkatan Bom dari Jerman

Jerman menghasilkan bom
array selama perang, mulai dari yang mempunyai berat 110lb (50kg) untuk sebuah bom katagori sederhana” hingga bom raksasa yang mempunyai ukuran 3.970lb (1,800kg) ledakan yang dijuluki si Setan. Sebagian besar dari bom tersebut dijatuhkan di Inggris - dan mayoritas dari bom tersebut yang ditemukan hari ini - yang disebut bom besi, atau bahan peledak terarah dikirim pesawat, mulai dari  yang mempunyai berat 110lb (50kg) hingga 550lb (250kg). Setengah dari berat badan masing-masing bom itu adalah bahan peledak; setengah lainnya adalah logam bom.
Bom-bom Jerman yang dilengkapi dengan berbagai sekering, beberapa dirancang untuk meledakkan segera, beberapa dengan penundaan waktu
.

Angkatan Darat Inggris hampir setiap hari
dipanggil untuk urusan dengan berbagai jenis persenjataan peninggalan Perang Dunia II termasuk granat tangan yang dibawa kembali dari Jerman, amunisi senjata kecil dan tidak terpakai milik persenjataan Inggris dan Amerika.

Namun menurut juru bicara resimen divisi EOD RLC,
daya ledak tinggi bom udara Jerman adalah item Perang Dunia II yang paling berbahaya yang pernah ditemukan mereka. Tidak hanya karena bom tersebut disetting dengan sensitifitas tinggi - karena langsung meledak ketika bersentuhan dengan tanah - tetapi mereka dilengkapi dengan berbagai sekering yang berbeda, beberapa dirancang untuk meledakkan segera menampilkan beberapa bentuk waktu-delay, dirancang khusus untuk membunuh operator EOD yang mencoba mengutak atik bom tersebut.

Bom-bom tersebut bahkan lebih stabil hari ini daripada 70 tahun yang lalu - dan berpotensi mematikan -, berkat degradasi kimia sekering. "Hanya gesekan sekop pekerja yang memukul tubuh bom atau paket sekering dapat menyebabkan reaksi berantai," kata Simon Cooke, seorang mantan tentara Inggris utama dan spesialis EOD terkemuka yang mengepalai 6 Alpha Associates, sebuah konsultan manajemen risiko yang mengkhususkan diri dalam bahan peledak . "ledakan akan terjadi secara instan. Kerusakan yang terjadi sungguh luar biasa dan mematikan "

Inggris
masih dianggap beruntung dalam hal warisan perang ini. Meskipun banyak operator EOD tewas selama masa setelah perang, ketika unit tentara berurusan dengan sekitar 45.000 perangkat meledak, namun tidak ada korban jiwa yang tercatat di Inggris dalam beberapa tahun terakhir.

Sayangnya, hal ini tidak terjadi untuk seluruh Eropa. Baru-baru ini, pada tahun 2014, salah satu pekerja konstruksi tewas dan beberapa lainnya luka-luka ketika penggali menemukan sebuah bom Inggris di Euskirchen di barat Jerman.

Ini bisa jadi karena bom Inggris belum berusia cukup juga dan cenderung menjadi sedikit lebih stabil,
kata Cooke. Tapi tidak ada keraguan bahwa pendekatan Inggris membom pembuangan juga telah memainkan peran utama dalam menjaga masyarakat dan para ahli yang aman.

Bahaya melucuti

Jadi apa yang terjadi ketika sebuah bom ditemukan?

Beberapa perangkat dapat dijemput, terbawa dan dibuang
dengan mudah tanpa mengundang resiko. Namun kebanyakan dari bom tersebut berada dalam keadaan sensitif dan yang dapat memindahkan mereka hanya petugas berpengalaman karena berbahaya dan harus ditangani di lokasi. "Senjata ini berusia lebih dari 70 tahun," kata Cooke. "dan belum aman dan tanpa bisa memastikan mengapa. Sebuah sentakan, shock, ketukan, penurunan, lonjakan di belakang truk, rattle suspensi pada sebuah lubang jalanan mengaktifkan kembali bom itu. "

    Apa yang terjadi berikutnya tergantung pada ukuran bom. Untuk perangkat yang lebih kecil mungkin
dengan membangun struktur pelindung di sekitar bom dan meledakkannya di bisa dirasa cukup. Tapi untuk item yang lebih besar, struktur diperlukan akan lebih besar dan kompleks.
Cooke mengibaratkan desain bom untuk proses pembuatan api: Anda menyalakan korek api, menyalakan beberapa kertas, membakar beberapa kayu bakar dan akhirnya memicu batubara. Dalam analogi nya pertandingan, komponen yang paling sensitif di seluruh rantai
ledakan adalah sekering, dan batubara sebagai bahan peledak. Langkah pertama dan yang paling penting dalam apa yang disebut Render oleh karena Proses Aman (RSP) adalah untuk menonaktifkan sekering. Fuse Imunisasi, seperti yang dikenal, biasanya melibatkan pengeboran ke sekering dan memperkenalkan solusi yang menetralkan bahan kimia.

Dave Welch, mantan perwira angkatan laut Inggris penjinak bom, menjelaskan, proses ini bervariasi tergantung pada jenis sekering. Untungnya, kata Welch, yang sekarang menjalankan salah satu perusahaan pembuangan bom swasta terbesar di Inggris, Ramora Inggris, itu relatif mudah untuk mengidentifikasi sekering WWII-era dari kode yang menekan ke dalam tubuh sekering selama proses manufaktur. Setelah sekering telah diidentifikasi, petugas EOD dapat memutuskan prosedur yang benar.

Misalnya, jika itu adalah "nomor 17" (waktu-delay sekering yang dapat diatur untuk meledakkan bom kapan saja antara dua dan 80 jam setelah bom menghantam tanah), prosedur ini untuk mengebor ke sekering dan pompa air asin yang solusi melalui sekering itu sendiri. Air asin ini dibiarkan dalam sekering untuk jumlah waktu tertentu dan kemudian di
buang, meninggalkan kristal garam yang macet menaiki roda, memastikan timer tidak akan lagi bekerja.

Menariknya, sementara ada beberapa perkembangan teknologi - seperti remote "stetoskop" peralatan yang digunakan untuk mendengarkan detak
jantung-timer diaktifkan - metode yang digunakan untuk menangani WWII persenjataan tidak berubah banyak sejak perang.

"
para penjinak bom selama berlangsungnya perang orang adalah perintis dan pahlawan," kata Welch. "Banyak orang meninggal mencari tahu bagaimana hal ini bekerja. Dan karena bom modern berbeda, prinsip-prinsip Perang Dunia II masih berlaku untuk bom Perang Dunia II, tidak ada cara lain berurusan dengan mereka. Ada yang sedikit ditingkatkan latihan dan sistem pompa untuk menempatkan air garam di, tapi masih dalam proses yang sama. "

    Setelah sekering telah dinetralkan, bom masih harus dibuang. Kadang-kadang pindah ke
suatu tempat dan diledakkan dengan bahan peledak modern (seperti yang terjadi dengan perangkat Bermondsey).

Atau
jalan alternative lainnya adalah operator mungkin harus  mengebor sebuah lubang ke dalam casing bom itu sendiri dan memasukkan uap panas kedalam. "Jika Anda memasukkan uap panas kedalam bom pada suhu tinggi dan dikontrol sangat hati-hati, maka akan dapat untuk mencairkan bahan peledak tinggi dari itu tanpa menaikkan suhu sedemikian rupa bahwa itu akan menyebabkan bom meledak," jelas Cooke .

Tidak mengherankan, bom
sering ditemukan di tengah-tengah daerah padat penduduk  karena unsur pengembangan daerah perkotaan Inggris akan terus mengungkap keberadaan perangkat tersebut.

Laut
an pun berbahaya

Tetapi bahkan masalah darat
ini masih dianggap masalah kecil dibandingkan oleh warisan besar artileri di lautan yang tidak meledak, kata Cooke. Perairan di sekitar Inggris menyerupai sup yang akan meledak

Selama kedua Perang Dunia I dan II, jutaan ranjau laut diletakkan sebagai penghalang defensif. Diperkirakan bahwa antara 30
% dan 70% tidak ditemukan. Tambahkan ke masalah  ini dengan torpedo peledak yang diluncurkan oleh kapal selam,kelebihan bom yng dibuang oleh kedua pesawat Inggris dan Jerman beberapa tahun yang lalu dan mengubah perairan di seluruh Inggris menyerupai bahan peledak sup.

Selama beberapa dekade, semua
hal ini tidak banyak menimbulkan masalah. Namun seiring pertumbuhan besar Inggris dalam energi terbarukan lepas pantai (terutama di lepas pantai timur Inggris) dalam beberapa tahun terakhir mulai menjadi masalah. "Kami telah bekerja pada 50 energi atau instalasi kabel proyek terbarukan dalam 10 tahun terakhir dan setiap satu memiliki risiko menghadapi UXO," kata Cooke.

Untuk sementara sebagian besar subsea belum menjadi resiko kepada masyarakat. Di mulut Sungai Thames Estuary – pada saat air begitu dangkal saat sedang  surut, Anda bisa melihat tiang yang menonjol keluar dari air - ditempat sebuah kapal tenggelam yang mungkin ilustrasi paling mengejutkan dari masalah persenjataan lepas pantai Inggris.

    Di mulut Thames Estuary, SS Richard Montgomery merana dengan 1.400 ton peledak tinggi menjadi lebih tidak stabil dari hari ke hari

Rusak pada gosong dekat Sheerness di Kent selama badai pada tahun 1944, SS Richard Montgomery adalah yang disebut US Liberty kapal memberikan sangat dibutuhkan amunisi untuk membantu dalam upaya perang. Tapi itu tidak pernah sampai ke tujuan. Dan tahun kemudian merana dengan kargo mematikan beberapa 1.400 ton peledak tinggi menjadi lebih tidak stabil dari hari ke hari.

"Ini penuh peluru artileri, dan mereka semua memburuk dan menjadi lebih sensitif dari waktu ke waktu," kata Cooke. "Mereka sudah sampai sekarang telah terkandung dalam tubuh kapal, tapi akhirnya itu akan memecah dan kerang bisa tumpah dari tubuh kapal. Jika mereka melakukannya, dan satu berbunyi, semua yang lain bisa meledak. Ini disebut ledakan simpatik. Dan jika itu terjadi, itu bisa menjadi bencana. "

Koreksi: Versi awal dari artikel ini salah saji jumlah artileri yang tidak meledak di SS Richard Montgomery, serta mantan posisi Dave Welch; dia adalah mantan angkatan laut Inggris, tidak tentara, petugas penjinak bom.

No comments:

Post a Comment